Do’a Agar Dikaruniai Anak yang Sholeh

d3018955a7b334f6c4d5c8995552df70

Memiliki anak yang sholeh dan sholehah tentu menjadi impian semua orang tua, namun untuk mewujudkannya perlu usaha, kerja keras serta doa kepada Allah sebagai Tuhan pencipta.

Ada beberapa doa yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim yang dipanjatkan kepada Allah Swt, salah satunya ialah meminta keturunan yang sholeh dan sholehah. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

1. Doa Meminta Keturunan Sholeh

Doa Nabi Ibrahim ini tertulis dalam Alquran yang berisi permohonannya kepada Allah SWT untuk dikaruniai seorang anak. Kala itu, Nabi Ibrahim berdoa:

“Rabbi hab li minas-saalihiin.” artinya: “Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.” (QS As-Shaffat: 100).

Dalam doa ini, Nabi Ibrahim meminta untuk diberikan keturunan yang shaleh. Hal ini sekaligus mendoakan anaknya menjadi manusia yang terpuji. Kepribadian yang baik, beriman kepada Allah, dan memiliki kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat.

2. Doa Agar Anak Keturunannya Selalu Mengerjakan Shalat

Meskipun Nabi Ibrahim berada dalam kedudukan yang mulia, namun tidak menjadi jaminan anak cucunya akan mendapatkan hal yang sama. Nabi Ibrahim selalu berdoa agar keturunanya menjadi orang yang sholeh.

“Rabbij’alni muqimas-salati wa min żurriyyati rabbana wa taqabbal du’a. Rabbanagfir li wa liwālidayya wa lil-mu`minina yauma yaqumul-hisāb.” artinya: “Ya tuhanku, jadikanlah aku sebagai orang yang mendirikan shalat dan juga keturunanku. Ya Tuhanku, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan orang-orang mukmin di hari perhitungan.” (QS Ibrahim: 40-41).

3. Doa Agar Negeri Aman

Selain berdoa untuk diri dan keturunan, ada juga doa Nabi Ibrahim yang mendoakan supaya negeri yang ditempatinya menjadi negeri yang aman dan makmur. Doa ini harus sering dibaca supaya negara selalu aman agar tenang dalam beribadah.

“Wa iz qāla ibrāhimu rabbij’al hāzā baladan āminaw warzuq ahlahu minas-samarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.” artinya: “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan limpahkanlah penduduknya rezeki dari buah-buahan, yakni orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir di antara mereka’.” (QS.Al-Baqarah: 126).

4. Doa Agar Amal Kebaikan Diterima Allah SWT

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim ketika beliau dan Nabi Ismail sedang membangun Baitullah. Doa ini dimaksudkan agara segala amal baik, perbuatan terpuji, dan semua aktivitas amal ibadah lain diterima dan diberi ganjaran berupa pahala.

“Rabbana taqabbal minna innaka ‘antas sami’ul ‘alim.” artinya: “Ya Tuhan kami terimalah amal dari kami, sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS Al-Baqarah: 127).

d3018955a7b334f6c4d5c8995552df70
Previous Post

No more post

You May Also Like

1 Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: