Bacaan Shalat Tahajjud Beserta Tata Caranya yang Baik dan Benar

Bacaan Sholat Tahajjud scaled

Bacaan Shalat Tahajjud Beserta Tata Caranya yang Baik dan Benar – Shalat Tahajud merupakan shalat nafl atau sholat sunnah. Ini adalah doa malam yang dipanjatkan untuk mencapai kekuatan mental dan kedamaian. Hal ini juga dikenal untuk mencegah tindakan dosa .Nah, pada artikel ini Anda akan mengetahui secara terperinci mengenai shalat tahajjud dan doanya.

Shalat Tahajjud Juga dikenal sebagai Qiyam-u-lail, shalat Tahajjud termasuk dalam kategori shalat keempat, yaitu Nafl, yang menyiratkan bahwa itu opsional dan melewatkannya tidak dihitung sebagai dosa. Sholat ni biasanya dilakukan dengan bacaan Do’a Shalat Tahajjud dan dilakukan setelah Isya (yang merupakan sholat wajib malam) dan sebelum melakukan Subuh (shalat wajib pagi).

Tahajjud berarti berhenti tidur, oleh karena itu shalat ini sebaiknya dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Menurut Islam, Allah turun ke surga terendah pada bagian malam ini untuk melihat siapa yang beribadah dan meninggalkan tidur mereka di tengah malam.

Bacaan Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud Juga dikenal sebagai ‘shalat malam’, shalat Tahajjud tidak dianggap wajib. Namun, ada signifikansi besar dan jumlah berkah yang terkait dengan Tahajjud. Diyakini sebagai yang paling berbudi luhur di antara doa-doa Nafl, selain Anda mengetahui apa itu shalat tahajjud mari kita simak doa dari sholat tahajjud berikut ini:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar.

Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.

Tata Cara Melakukan Shalat Tahajjud yang Baik dan Benar

Doa khusus Islam ini dilakukan pada sepertiga terakhir malam dan sebelum dimulainya sholat Subuh. Waktu untuk shalat ini adalah ketika para malaikat turun dari surga atas perintah Allah untuk berdoa kepada semua hamba Allah.

Selama waktu inilah Allah mengampuni para pelanggar, yang telah menebus dosa-dosa mereka. Meskipun doa ini tidak wajib, banyak Muslim di seluruh dunia berusaha untuk memasukkan sholat Tahajjud dalam rutinitas sehari-hari mereka untuk mendapatkan rahmat dan pengampunan dari Yang Maha Kuasa.

Berikut adalah beberapa pedoman penting, yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad (SAW), untuk melakukan doa ini:

  1. Persiapan sholat
  • Buatlah pengaturan yang tepat untuk bangun di sepertiga malam. Ini mungkin termasuk menyetel alarm atau meminta anggota keluarga untuk membangunkan Anda sebelum salat Subuh.
  • Bersihkan wajah, tangan (sampai siku), kepala dan kaki (sampai mata kaki) dengan benar.
  • Temukan tempat yang damai dan bersih untuk melakukan shalat Tahajud.
  • Ketika duduk untuk shalat, mengabdikan sepenuhnya kepada Allah dan kemuliaan-Nya. Semua kekhawatiran dari pikiran dan hati harus dihilangkan.
  1. Mengucapkan Tahajjud

Saat memulai shalat, penting untuk diingat bahwa shalat akan selesai sesuai dengan cara yang dipilih, termasuk membaca beberapa rakaat dan surat. Juga, tujuan dari shalat Tahajjud harus ditentukan, yaitu apakah untuk mencari rahmat Allah, untuk bersyukur kepada Yang Mahakuasa, atau untuk mengagungkan kekuasaan tertinggi.

Untuk memulai Tahajjud, dua rakaat Shalat dilakukan pada awalnya. Seseorang harus berdiri dan membaca ayat-ayat dari Al-Qur’an. Setelah ini, shalat dilanjutkan dengan ruku’ kepada Allah dengan kedua tangan diletakkan di atas lutut.

Selanjutnya, menghadap ke tanah dengan telapak tangan, hidung dan dahi menyentuh lantai dalam pengabdian penuh kepada Yang Mahakuasa. Dalam posisi ini, siku sedikit terangkat dan kaki terlipat. Kemudian berdiri dan membaca “Allahu Akbar”.

  1. Mendalami Tahajjud

Seseorang harus mencurahkan waktu untuk membaca kitab suci Islam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang shalat Tahajud. Seseorang harus mengikuti jejak Nabi Muhammad (SAW) dengan mempelajari secara komprehensif bagaimana melakukan shalat Tahajjud. Dengan melakukan ini, seseorang dapat datang lebih dekat kepada Allah dan menjalani kehidupan yang diberkati. Demikinlah artikel bacaan sholat tahajjud beserta tata caranya yang baik dan benar.Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan