Yuk Ketahui Lebih Jelas tentang Al Qur’an Kitab Suci Umat Islam

alquran scaled

Al Qur’an Kitab Suci Umat Islam – Kata Al-Qur’an berasal dari kata kerja yang artinya membaca. yaitu jamak dari iqra’ yang artinya bacalah. Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Dikumpulkan selama periode 23 tahun selama abad ke-7 M, Al-Qur’an dikatakan terdiri dari wahyu Allah kepada nabi Muhammad, yang ditransmisikan melalui malaikat Jibril.

Wahyu-wahyu itu ditulis oleh ahli-ahli Taurat saat Muhammad mengucapkannya selama pelayanannya, dan para pengikutnya terus membacanya setelah wafatnya. Atas perintah Khalifah Abu Bakar, bab dan ayat alqur’an dikumpulkan menjadi sebuah kitab pada tahun 632 M. Kitab suci umat Islam ini sudah ada selama kurang lebih dari 13 abad. Versi Al Qur’an tersebut,ditulis dalam bahasa Arab.

Apa yang Anda Ketahui tentang Alqur’an?

Al-Qur’an dibagi menjadi 114 bab dengan topik dan panjang yang berbeda, yang dikenal sebagai surah. Setiap surah terdiri dari ayat-ayat, Bacaan kitab suci umat islam ini berawal dari surah alfatihah dan di akhiri dengan surah An naas. Surah terpendek adalah Al-Kautsar, terdiri dari hanya tiga ayat sedangkn surah terpanjang adalah Al-Baqara, dengan 286 ayat.

Surat-surat diklasifikasikan sebagai Mekah atau Medinah, berdasarkan apakah mereka ditulis sebelum ziarah Muhammad ke Mekah (Medinan), atau sesudahnya (Mekah). 28 bab Medinah terutama berkaitan dengan kehidupan sosial dan pertumbuhan komunitas Muslim, 86 Mekah berurusan dengan iman dan akhirat.

Al-Qur’an juga dipecah menjadi 30 bagian yang sama, atau dinamakan juz’. Nah, juz’ di ambil dari kata Ajiza (jamak dari juz’) berfungsi sebagai panduan untuk menyelesaikan tugas.Bagian-bagian ini diatur sehingga pembaca dapat mempelajari Al-Qur’an selama sebulan. Selama bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk menyelesaikan setidaknya satu bacaan penuh Al-Qur’an dari depan ke belakang.

Tema-tema Al-Qur’an terjalin di seluruh bab, bukan disajikan dalam urutan kronologis atau tematik. Pembaca dapat menggunakan konkordansi indeks yang mencantumkan setiap penggunaan setiap kata dalam Al-Qur’an untuk mencari tema atau topik tertentu.

Yuk Ketahui Bahasa dalam Bacaan Al Qur’an

Bahasa Arab Al-Qur’an

Teks Arab dari bahasa Arab Quran yang asli adalah identik dan tidak berubah sejak wahyu di abad ke-7 Masehi Sekitar 90 persen dari Muslim di seluruh dunia tidak berbicara bahasa Arab sebagai bahasa ibu, dan ada banyak terjemahan Quran tersedia dalam bahasa indonesia dan lainnya. Namun, untuk membaca doa dan membaca surah dan ayat-ayat dalam Al-Qur’an, umat Islam menggunakan bahasa Arab untuk berpartisipasi sebagai bagian dari keyakinan bersama mereka.

Bacaan dengan Nada

Nabi Muhammad memerintahkan para pengikutnya untuk “memperindah Al-Qur’an dengan suaramu” (Abu Dawud). Pembacaan Al-Qur’an dalam kelompok adalah praktik umum, dan upaya yang tepat dan merdu adalah cara penganut melestarikan dan membagikan pesannya.

Sementara banyak terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa indonesia mengandung catatan kaki, bagian-bagian tertentu mungkin memerlukan penjelasan tambahan atau perlu ditempatkan dalam konteks yang lebih lengkap. Jika diperlukan, siswa menggunakan Tafsir, tafsir atau tafsir , untuk memberikan informasi lebih lanjut

Bacaan yang berbeda

Tindakan standardisasi Utsman berhasil mengurangi variasi tekstual, tetapi tidak menghilangkannya sama sekali. Teks yang didirikan oleh Utsman mengakomodasi banyak bacaan.Karena naskah di mana Alquran awal ditulis tidak memiliki sebagian besar vokal dan tanda yang dapat membedakan beberapa konsonan, dimungkinkan untuk membaca teks dengan cara yang berbeda.

Yang pasti, tradisi lisan membatasi variasi, melarang banyak bacaan yang layak. Meskipun demikian, banyak varian bacaan muncul. Beberapa di antaranya mempengaruhi makna, tetapi tidak ada yang mengubah ide dasar Al-Qur’an.

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam, diturunkan secara bertahap kepada Nabi Muhammad selama 23 tahun. Wahyu Al-Qur’an dianggap oleh umat Islam sebagai firman Tuhan yang suci , dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan dalam kitab-kitab suci sebelumnya seperti Perjanjian Lama dan Baru.

Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh Allah dalam bahasa Arab.Beberapa fragmen Al-Qur’an berasal dari abad kedelapan, dan bahkan mungkin abad ketujuh. Salinan teks lengkap tertua yang ada berasal dari abad kesembilan. Meskipun varian awal Al-Qur’an diketahui telah ada, umat Islam percaya bahwa teks yang kita miliki saat ini dibuat tak lama setelah kematian Nabi oleh Khalifah Utsman.

Terjemahan Al-Qur’an ada di lebih dari 40 bahasa tetapi umat Islam masih diajarkan untuk belajar dan membacanya dalam bahasa Arab, bahkan jika ini bukan bahasa ibu mereka dan mereka tidak dapat berkomunikasi dalam bahasa itu. Terjemahan dianggap oleh umat Islam sebagai versi baru dari kitab suci, bukan sebagai terjemahan dalam pengertian konvensional.

Jadi, dalam Alqur’an menganjurkan bagi umat islam untuk membaca dan menghatamkan alquran dari depan sampai belakang tiap bulan ramadan atau bulan lainnya. Demikianlah artikel Al Qur’an kitab suci umat islam. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan