Cara Belajar Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid yang Benar

Tajwid Al quran

Membaca Al-Qur’an – Tajwid adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana cara melafalkan kalimat -kalimat Al-Qur’an, sehingga tidak salah membacanya. Aturan mempelajari Tajwid adalah fardhu kifayah dan amalannya adalah fardhu ‘ain.

Pada tahap belajar atau dalam tajwid dasar, dipelajari ketika Anda mengetahui huruf-huruf Al-Qur’an atau huruf-huruf hijaiyah dan bisa membaca Al-Qur’an. Wawasan lain tentang ilmu tajwid adalah dengan mengilustrasikan, dengan sebaik – baiknya, dan menyempurnakan setiap bacaan Al-Qur’an.

Cara Belajar Membaca Al-qur’an dengan Tajwid yang Benar

Para ulama menyatakan bahwa aturan mempelajari Sutra adalah fardu kifayah, tetapi amalan membaca Al-Qur’an sambil membaca Al-Qur’an adalah fardu ain atau wajib bagi laki-laki dan perempuan yang sudah mualaf atau sudah dewasa. Sejak dini, anak – anak Muslim dibiasakan untuk belajar membaca Al-Qur’an sebagai kitab suci.

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang paling utama karena banyaknya manfaat dan keutamaan yang dapat diperoleh ketika membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an bukanlah hal yang mudah, diperlukan komitmen, komitmen, fokus dan usaha untuk menguasai bacaan dalam Kitab Suci.

Apa Saja Panduan Membaca Al-qur’an dengan Tajwid yang Benar untuk Pemula?

Umat ​​Islam sangat perlu membaca Al-Qur’an dengan benar dan akurat serta memahami maknanya. Selain itu, surat-surat pendek dari Allah dibacakan selama doa. Jika Anda tidak mengerti cara membaca Al-Qur’an, bagaimana Anda mengamalkan doa.

Bagi pemula, proses belajar membaca Al-Qur’an tidaklah mudah. Apalagi jika Anda akan mulai belajar hanya ketika Anda sudah dewasa. Namun, dengan niat dan tekad yang baik, tidak ada yang tidak mungkin, termasuk membaca Al-Qur’an. Berikut adalah beberapa saran:

1.     Mengenal abjad dasar hijaiyah

Bahasa tulisan yang di gunakan dalam Al-Qur’an adalah bahasa dari timur tengah karena merupakan asal muasal dari kitab ini di turunkan, jadi langkah pertama dalam mempelajarinya adalah mengenal ejaan bahasa Arab (Hijaiyah). Hal ini penting karena kunci membaca cepat adalah mengenal huruf-huruf dalam Al-Qur’an.

2.     Mengenal Harakat (tanda baca)

Dalam membaca Al-Qur’an, di haruskan untuk memperhatikan tanda baca atau harakat. Hal ini karena harakat bertindak sebagai kata ganti dari hijaiyah. Untuk petunjuk lebih rinci, Anda dapat membeli buku tentang membaca Al-Qur’an. Penting halnya untuk mengenal harakat karena dapat menjadi faktor dalam membaca bacaan.

3.     Pengenalan Bacaan Tajwid

Ilmu tajwid digunakan untuk mengetahui cara melafalkan hijaiyah dengan benar dan tepat. Kalau dalam bahasa Inggris tajwid bisa dikatakan gramatikal. Tajwid sendiri memiliki bagian dan tempat pelafalannya sendiri seperti idgham, idzhar, iqlab, ikhfa’, qalqalah dan sebagainya.

4.     Pelajari kebenarannya – sungguh

Untuk menguasai Al-Qur’an, diperlukan kemauan untuk mempelajarinya dengan seksama. Harusnya diingat bahwa belajar membaca Kitab Allah adalah salah satu bentuk ibadah dan akan mendapat pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

5.     Kenali tanda baca

Setiap umat muslim yang membaca Al-Qur’an terdapat berbagai tanda baca, seperti mad wajib muttasil dan mad arid lissukun, keduanya memiliki bacaan yang berbeda. Tanda – tanda yang berbeda ini biasanya memiliki nama yang hampir sama, sehingga harus dipelajari dengan seksama.

6.     Latihan membaca Al-Qur’an

Anda tidak akan bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar jika tidak sering mengamalkannya. Disisi lain hal ini dapat mengurangi terjadinya kesalahan, ada baiknya berlatih membaca Al-Qur’an didampingi oleh orang yang sudah memahaminya, baik itu orang tua, saudara atau guru Al-Qur’an.

7.     Membuat jadwal membaca Al-Qur’an

Dalam upaya membaca Kitab Allah dengan lancar, Anda juga perlu membagi waktu dengan membuat jadwal rutin membaca Al-Qur’an. Jangan membaca hanya di waktu senggang Anda, tetapi lebih baik jika Anda menyisihkan waktu untuk membaca.

8.     Temukan Guru Quran

Belajar dari seorang ahli jelas merupakan cara terbaik untuk menguasai membaca Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan kehadiran seorang guru Al Quran dapat mempersingkat waktu belajar, karena jika ada yang kurang dipahami bisa ditanyakan langsung.

9.     Belajar melalui video tutorial

Di era digital sekarang ini, semuanya bisa dengan mudah ditemukan di internet, termasuk video tutorial belajar membaca Al-Qur’an untuk pemula. Jangan sampai ada alasan untuk tidak bisa membaca Al-Qur’an karena bisa belajar kapan saja dan dimana saja.

10.  Dorong diri Anda dengan mengingat keutamaan membaca Al-Qur’an.

Dalam proses belajar membaca dan mempelajari Kitabullah pasti ada rasa bosan dan malas. Namun, Anda harus bisa bertarung. Salah satunya adalah dengan terus menyemangati dan meyakinkan diri sendiri tentang manfaat membaca Al-Qur’an.

Ada banyak video tutorial cara membaca Al-Qur’an di YouTube yang bisa dijadikan panduan belajar. Selain itu, semua video tersebut dapat diakses secara gratis, hanya dengan menggunakan perangkat atau modal smartphone dan kuota internet yang cukup. Demikian ulasan tentang cara belajar membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang benar, terima kasih banyak wassalam.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan